Jumat, 14 Oktober 2016

Rangkuman Pertemuan 7

E-commerce atau bisa disebut Perdagangan elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Faktor-faktor yang yang harus diperhatikan dalam membangun ecommerce sebagai berikut:
  • ·         Menyediakan harga kompetitif
  • ·         Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
  • ·         Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
  • ·         Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
  • ·         Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
  • ·         Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
  • ·         Mempermudah kegiatan perdagangan
Berikut aplikasi yang biasa digunakan ecommerce
  • ·         E-mail dan Messaging
  • ·         Content Management Systems
  • ·         Dokumen, spreadsheet, database
  • ·         Akunting dan sistem keuangan
  • ·         Informasi pengiriman dan pemesanan
  • ·         Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
  • ·         Sistem pembayaran domestik dan internasional
  • ·         Newsgroup
  • ·         On-line Shopping
  • ·         Conferencing
  • ·         Online Banking
Faktor pendukung Ecommerce
  • ·         Cakupan yang luas
  • ·         Proses transaksi yang cepat
  • ·         E-Commerce dapat mendorong kreatifitas dari pihak penjual secara cepat dan tepat dan pendistribusian informasi yang disampaikan berlangsung secara periodik.
  • ·         E-Commerce dapat menciptakan efesiensi yang tinggi, murah serta informatif.
  • ·         E-Commerce dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, dengan pelayanan yang cepat, mudah, aman dan akurat


Karakteristik Ecommerce
  • ·         Terjadinya transaksi antar dua belah pihak
  • ·         Adanya pertukaran barang, jasa dan informasi
  • ·         Internet merupakan medium utama dalam proses atau mekanisme perdagangan tersebut.
Pilar-pilar ecommerce
  • ·         Pilar orang terdiri dari pembeli, penjual, perantara, jasa, orang sistem informasi dan manajemen.
  • ·         Pilar kebijakan publik meliputi pajak, hukum dan isu privasi, bebas bicara dan nama domain.
  • ·         Pilar standar teknis mencakup dokumen, keamanan dan protikol jaringan dan sistem pembayaran.
  • ·         Pilar organisasi adalah patner, pesaing, asosiasi dan pelayanan pemerintah.
Infrastruktur ecommerce
  • ·         Infrastruktur jasa bisnis umum terdiri dari keamanan kartu cerdas (otentikasi), pembayaran elektronik, direktori / katalog.
  • ·         Infrastruktur distribusi informasi dan pesan meliputi EDI (electronic data interchange), e-mail, hypertext transfer protocol.
  • ·         Infrastruktur publikasi jaringan dan kandungan multimedia mencakup HTML, Java, Flash, WWW, VRML, PHP, ASP dan sebagainya.
  • ·         Infrastruktur Jaringan terdiri dari telekom, TV kabel, wireless, internet (VAN, WAN, LAN, Intranet, ekstranet).
Hal – hal yang mempengaruhuperkembangan ecommerce
  • ·         Akses internet semakin murah dan cepat, yang akan meningkatkan jumlah pengguna internet
  • ·         Dukungan dari sektor perbankan yang menyediakan fasilitas internet banking maupun sms banking, yang akan mempercepat proses transaksi
  • ·         Biaya web hosting yang semakin murah
  • ·         Semakin mudah dan murahnya membangun situs E-commerce yang didukung dengan tersedianya berbagai software open source, seperti osCommerce, Magento, dll
E Mall
Secara umum e_commerce dapat diklasifikasikan menjadi 2 jenis yaitu business to business (B2B) dengan business to customer (B2C). B2B adalah sistem komunikasi bisnis on line antar pelaku bisnis, sedangakan B2C merupakan mekanisme toko on Line (electronic shopping Mall) yaitu transaksi antara e_merchant dengan e_customer. Dalam business to business pada umumnya transaksi dilakukan oleh para crading partners yang sudah saling kenal dengan format data yang telah disepakati bersama. Sedangkan dalam business to customer sifatnya terbuka untuk public sehingga setiap individu dapat mengaksesnya melalui suatu web server. Jadi e mall merupakan bagian dari e-commerce yang berupa toko atau mall online / maya di dunia internet.
Tipe - tipe E Mall
1. Mall umum / generalized, menjual semua tipe produk
2. Mall special/ specialized, menjual satu tipe atau beberapa tipe produk.

2 komentar:

  1. mantap gann,, ane jadi tau lebih banyak tentang e-commerce... toopp!!

    BalasHapus
  2. makasih gan Materinya.

    BalasHapus